Selasa, 27 Januari 2009

PROSPEK GEOGRAFI DI DUNIA PASAR

            Menurut Bapak Bintarto, seorang ilmuwan geografi di Indonesia, geografi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan. Jika ditinjau dari konsep ini, sangat jelas bahwa ilmu geografi memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.
           Hal di atas tentu saja telah menjadi sesuatu yang telah terpahami di dalam pikiran sejumlah orang. Namun, tidak berarti bahwa semua orang telah mengtahui hal tersebut. Sebagai contoh, di lingkungan tempat tinggalku, baik itu tetangga, teman ataupun keluarga terkadang bertanya kepada saya, “Geografi itu sebenarnya apa sih? Manfaat apa yang kamu dapat dari ilmu geografi? Dan bagaimana prospek geografi di dunia pasar?”. Terus terang, pertanyaan ini kadang membuatku tersenyum kecil. Bagaimana tidak, suatu ilmu yang objek kajiannya setiap harinya mereka sentuh, lihat, dengar, injak, bahkan menjadi rubrik utama dalam acara berita di TV yang menjadi tontonan sehari-hari, mereka tidak tahu??? Kan aneh, Iya khaaaannnnn...........................?! Apakah harus disebutkan kalo dunia yang mereka tempati, kondisi iklim di wilayah mereka, kondisi geologi dan morfologi di bawah kaki mereka, tsunami di Aceh, Gempa di Jogja, Pemanasan global, dan dinamika penduduk, itu semua adalah kajian dari geografi. Belum paham juga..........??? Ampun dech!
          Ok! Mungkin baiknya, untuk menjelaskan manfaat ilmu geografi dan bagaimana pasar membutuhkan tenaga geografi, ada baiknya kita mulai dari sejarah masa lalu. Tahu tidak, negara-negara di zaman doeloe yang memiliki kejayaan yang gemilang berangkat dari ilmu geografi. Negara Arab dan India menguasai perdagangan karena penerapan ilmu geografi. Dengan peta, mereka dapat mengetahui jalur perdagangan yang ramai akan kegiatan jual-beli dan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara. Negara Spanyol dan Inggris dapat berhasil menjadi penjelajah dunia dan penakluk negara karena ilmu geografi. Dan satu lagi, Hittler, sang penjahat perang, hampir menguasai dunia karena ilmu geografi. Bagaimana bisa? Ya, tentu saja dengan peta, dimana strategi dan taktik perang diatur dalam selembaran kertas ajaib tersebut. Dari peta, Hittler dapat mengetahui negara mana yang lebih dulu harus ditaklukkan dan penyerangannya dilakukan dari arah mana. Percaya khan...?!
            Setelah dari masa lalu, kita berangkat ke masa sekarang. Btw, hampir setiap instansi, baik pemerintah maupun swasta butuh yang namanya pemetaan dan analisis geografi dalam membantu melaksanakan kegiatannya. Untuk melakukan sebuah proyek, pemetaan lokasi merupakan hal yang pokok dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan proyek tersebut. Tanpa proses pemetaan, proyek tersebut tidak dapat berjalan dengan baik. Selain proses pemetaan, analisis lokasi juga sangat dibutuhkan, apakah lokasi tersebut cocok untuk suatu proyek atau tidak. Dan perlu teman-teman ketahui bahwa yang bisa melakukan itu semua adalah Mahasiswa Geografi dan hanya mahasiswa geografi............!!!! mungkin ada segelintir orang yang mampu mengoperasikan suatu software pembuatan peta (misalnya map info, Ermapper, atau Arc view), namun kemampuan menganalisa hanya dimiliki oleh mahasiswa geografi. Coba Anda lihat ke depan, bagaimana pembangunan dilakukan, bagaimana tingkat bencana yang harus diminimalisir, dan bagaimana peningkatan pelayanan terhadap masyarakat yang terus bertambah? Jawabnya adalah, tenaga geografer sangat dibutuhkan di dunia pasar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar